Monday, July 2, 2018

CERITA INSPIRATIF SANG JUTAWAN DERMAWAN


Di jaman NOW seperti sekarang,  anak-anak muda milenial sangat kritis dalam menentukan cita2 setelah kuliah. Pengen cepat berkarya, cepat kaya raya,  tapi juga punya freedom untuk travelling. supaya instagram nya lebih menarik...Memang generasi orang tuanya yang doyan mie instant berdampak ke anak2nya yg selalu pengen istant...he he. 

Buat mereka gak menarik lagi tuh kerja di Corporate PMA yang besar dengan gaji gede. Bukan karena kendala bahasa Inggris seperti jaman orang tuanya,  tapi waktu kerjanya luar biasa panjang dari pagi2 sd tengah malam dan week end. Gak asyik banget... duit banyaknya gak bisa dinikmati untuk travelling sesuka hati.  Gak pengen juga jadi PNS karena biarpun beruntung bisa dapat posisi strategis dan basah, kuatiiiiiiir dijerat KPK.  Nah, yang paling menarik jadi pengusaha dong....Gak punya boss yang galak, bisa kerja flexible mengatur waktu...dan keliatannya bisa cepat kaya.   Mereka sangat terinspirasi melihat para jutawan di TK 87....semuanya pengusaha....Om Dicky, Om Didi, Om Ali, Om Gusmar....dll.  

Cerita ini tentang kiat-kiat Om Bahru, temen kuliahku untuk menjadi pengusaha jutawan perlu dicontoh niih. Buat temen2, juga bisa disampaikan ke anak-anaknya yang pengen jadi pengusaha.
Seperti biasanya, acara reuni TK 87 tahun 2013 (gak ingeet  persisnya...ha ha)... selalu dipenuhi keseruan dan dihadiri banyak teman-teman.  Acara umumnya dimulai dengan bagian yang semi formal, karena mengundang para dosen Wali.  Kami mesti agaaak2 jaim dooong...having fun tapi tetap menunjukkan kedewasaan sebagai professional yang sukses...lebay bangeet yaa..

Acara yang selalu dinanti2 adalah acara kumpul2 bebas sesudahnya, yang seringkali dengan karaoke bersama.  Apalagi kami punya banyak singers (Mian, Nina, Eni,  Rini, Elly, Tata, Gusmar, Dida, Ugie, Iman, dll...sampe capek nulisnya..he he) ...trus banyak dancers ...dipimpin sama sang dancing Queen,  Elly.  

Tahu kalau kami sedang menunggu-nunggu siapa yang akan traktir karaoke....ha ha....Bahru pun langsung pengumuman .."Temen2, ayooo kita sambuuung karaoke. Saya sudah book Inul Vista ya dari jam 17.00 sampai sepuasnya.  Disana temen-temen juga boleh pesen makanan dan minuman sepuas2nya. ".

Wah ...luar biasa sekali nih Bahru pikirku....kaya dan dermawan sekali.  Jadi penasaran banget gimana strategi suksesnya sebagai pengusaha.  Aku dari dulu cuma cita-cita doang jadi pengusaha, gak pernah berani memulai dan meninggalkan comfort zone sebagai karyawan. 

Aku  memilih semobil dengan Bahru dan beberapa teman yang lain spt nya sama Gusmar, Rini ...gak inget persisnya, supaya bisa melakukan interview ini.  Aku lalu bertanya dengan nada pujian... "Bahru,  gimana tuh cerita nya bisa jadi pengusaha....kereen bangeet deh masih muda udah sukses banget dan kaya raya ? ". Temen-temen semobilku langsung semangat juga menyuruh Bahru cerita. 

Bahru pun mau cerita dan berbagi tips suksesnya ....:
"Kalau mau jadi pengusaha itu,  gak usah berpikir yang susah-susah lah.  Usaha saya itu hanya mengandalkan teori dari buku Kimia Dasar, pelajaran kita pas di TPB. ...Ada material2 bersifat asam, ada basa....nah kalo digabungkan khan jadi netral.   Pelajaran-pelajaran TK di tingkat-tingkat atas...terlalu rumit lah...capek belajarnya...makanya IP ku gak pernah bagus.  Jadi aku pasang strategi....usaha apa yang bisa manfaatkan teori kimia dasar tadi..dan lumayan duitnya.  Aha.....di Bandung khan banyak sekali pabrik textile ...mereka menggunakan banyak senyawa kimia..bisa ada peluang menangani limbahnya.  Bener juga....setelah saya datangi mereka masih mencari cara-cara untuk menangani limbahnya yang bersifat asam .  Berarti yang saya perlu cari adalah industri apa yang menghasilkan limbah yang bersifat basa...Kalo dicampurkan dengan porsi yang tepat...khan netral...ha ha ".

Aku yang sejak lulus TK, hanya sebentar menggunakan ilmu insinyurnya ....dan lebih banyak bekerja sebagai marketing dan sales consumer goods, langsung terkagum-kagum dengan cara pikirnya.  Koq sepertinya mudah sekali mengurus limbah industri....ilmu waste water managementku udah menguap ke langit.. " Trus, gimana tuh Bahru meyakinkan para pengusaha pabrik itu untuk memberikan kesempatan mengolah limbah-limbah mereka ?".

Bahru menjawab dengan nada yang sepertinya mudah sekaliiiii,  "Presentasikan saja secara sederhana, teori asam basa nya kimia dasar. Jangan terlalu rumit...ntar malah mereka gak ngerti.  Trus langsung saja praktek dengan bikin demo menggunakan limbah mereka. Kalau sudah tertarik, baru nanti dipikirkan bagaimana teknis pengolahannya...yang saya juga nanti cari tahu teknis prosesnya..dari informasi teman2 yang lain.... Pake aja jurus.....saya ini insinyur Teknik Kimia ITB....masak bapak2 gak percaya dengan kualitas insinyur ITB yang terbaik se Indonesia...Pasti saya bisa lah membuat teknis proses kerjanya dan peralatan pengolahannya..  Langsung tuh deal dengan jurus pemungkas itu ...!!"  

Acara diskusi pun terputus karena kami sampai di tempat karaoke....dan langsung nyanyi2 dan tertawa-tawa sampai habis suaranya.  Sekitar jam 21.00....acara karaoke pun selesai dan sebagian temen-temen pun berencana pamit pulang.  Bahru pun membayar tagihannya....dan pas balik dari kasir dia berkata " Kenapa sedikit sekaliii tagihannya ?? .....uang ku masih banyak niih untuk traktir teman-teman.  Gimana kalo kita sambung lagi untuk makan malam ....saya traktir di Nasi Kalong di jalan Riau ?". 

Luar biasa sekaliiiii niih Bahru, kedermawanan jutawan TK.   Cukup banyak temen-temen yang lalu ikut ke Nasi Kalong termasuk aku.  Beberapa Che Ladies termasuk aku saat itu sudah merencanakan menginap di Bandung dan balik esok hari ke Jakarta. Menarik sekali untuk mencoba seperti apa Nasi Kalong itu. 
Nasi Kalong itu menarik konsep nya karena tempat makan ini di halaman terbuka..dengan meja-meja besar.  Pilihan makanan-makanan dijejer dengan porsi-porsi kecil dijejer di atas meja teras rumah.  Mereka buka sampai tengah malam.  Rasanya cukup enak...jadi perlu dicoba buat teman-teman yang kemalaman di Bandung dan cari makan malam. 

Buatku ada yang lebih menarik daripada nasi kalong itu. Diskusi dengan Bahru pun berlanjut saat makan malam.  Dia dengan nada bangga nya yang supeeeer  tengiiiiiil cerita ke teman-teman 
" percayaaaa deeeeh....gaaaak perlu itu belajar terlalu rajin saat kuliah dan dapat IP tinggi.  IPK itu BERBANDING TERBALIK dengan KEKAYAAN.  Lebih baik waktu kuliah....banyak main-mainya...jadi punya temen banyak...dan banyak pengalaman yang macam-macam.  Coba liat temen-temen kita yang pinter2....kaya mana sama saya ?  Ayo yang IPK nya  3 ke atas dan 4.....Ngak Mg, Wiwie,  Hadrian....Dadang...Arsa.  Lebih kaya saya khan ?  Ajarin ke anak-anak temen-temen " 

 Tiba-tiba ada temen yang nyeletuk " Vivi gimana....khan IPK nya tinggi dan jadi Direktur PMA. Kaya juga tuh..".  Waduuh kenapa namaku jadi dibawa-bawa yaa...protesku dalam hati.  Tapi aku memilih untuk senyum-senyum saja....gak ada gunanya protes di suasana penuh canda ini. 
   
Jawaban Bahru yang konyol menutup makan malam kami saat itu ..."Vivi mungkin kaya juga, tapi yang jelas saya jauh lebih kaya....buktinya bisa traktir temen-temen karaoke dan makan-makan.  Vivi gak pernah traktir khan..." .  

Kata-kata itu jadi membuatku ingat terus kejadian malam itu dan berjanji....tidak akan menuntut anak-anakku lagi jadi juara dan  punya IPK Cum Laude,  lebih baik mereka punya banyak teman dan pengalaman organisasi, dan  lain-lain saat kuliah.  Janji yang lain adalah...tidak perlu menunggu kaya raya untuk berbagi kebahagiaan dengan teman-teman dll. Kebahagiaan memberi lebih besar vs. menerima. 

Terima Kasih Bahru atas inspirasinya....!!!


Ditulis oleh :  Vivi Rizal   (9 Juni 2018)



No comments:

Post a Comment