Monday, July 2, 2018

CERMIN AJAIB


Lab TK 1 menghasilkan laboran dengan kemampuan modifikasi data dan justifikasi teori dan persamaan matematika berdasarkan aluran variable variabel. Selain itu juga bisa timbul cinlok diantara sesama partner laboran..
Karena pengen ganti suasana saya, punya partner untuk lab 1 angkatan 89... (nama dan identitas lain dirahasiakan..).
Dimulai hanya diskusi, bikin laporan, terus nge 'run' bareng, ceritanya mulai deh timbul gejolak, cie ..cie.. Padahal saat itu saya juga sdh punya pacar..
Mulai hanya mengantar pulang sehabis nge 'run', jadwal main ke rumah di bilangan Jalan Riau sdh makin meningkat frekuensinya. Bahkan sang Bunda seolah senang dengan hubungan kita, walaupun sampai sejauh itu saya tetep pada prinsip senang boleh, jadikan pacar jangan.
Kamarku di A21 asrama Bumi Ganesha selain rak buku, meja komputer, ranjang dan stereo set juga ada cermin cukup besar. Tinggi 160 cm dan 50 cm lebarnya. Motto nya : ngaca dulu sepuasmu, sebelum bentuk tubuhmu berubah ga karuan..
Suatu kali kami sedang nge 'run' bareng kebetulan ada Josua. Sambil iseng Jos ngomentarin kita, kenapa pada saling cemberut.. Jos cukup tahu apa yang terjadi pada sahabatnya..
Suatu malam Minggu saya janjian untuk bikin laporan di rumahnya. Tapi bukan rahasia lagi, malam Minggu kan jadwal wakuncar. Alhasil dengan segala modus saya lebih memilih ngapel dibanding ngerjain laporan Labtek.
Surprise malam minggu yang tak terlupakan, ketika saya kembali dari ngapel saya masuk kamar asrama, langsung mata saya tertuju pada cermin kesayangan saya , saya tertegun, tercekat sembari menahan nafas. Seluruh permukaan cermin penuh dengan tulisan tangan "...dicky dodol..dicky dodol..dicky dodol..." ekspresif luar biasa, dgn guratan lipstick diatas permukaan cermin. Membaca tulisan itu saya jadi dihantui rasa bersalah yang luar biasa. Sy baru ngeh, pantas saja beberapa kawan asrama sebelah kamar senyum senyum menyapa saya sebelum saya masuk kamar tadi. Pasti mereka sudah lihat cermin itu.
Ungsikan cermin
Malam minggu terpanjang yang saya rasakan, campur aduk antara rasa senang, tapi lebih dominan rasa bersalah, ya.. rasa bersalah kepada pacar saya. Saya harus cari cara untuk mengatasinya. "Ungsikan cermin", begitu pikir saya. Keesokan pagi saya menemui Bahru sahabat suka dan duka, saya sampaikan permasalahan sekaligus berharap jangan sampai informasi meluas sampai ke keponakannya. Akhirnya sepakat cermin dipindahkan ke rumah Bahru di Halteu, tentunya setelah menghapus goresan lipstick itu.
BMW (Bebek Merah Warnanya), Honda merah C700 begerak lambat dari asrama menuju rumah Bahru, yang sekaligus sebagai pengemudi, saya dibelakang sambil memegang cermin tinggi yang diletakan diantara saya dan Bahru. Pandangan saya total tidak dapat melihat situasi di depan motor.
Ketika sudah nyaris sampe rumah Bahru, tiba-tiba "Praannggg.......!!!", lamunan saya buyar, cermin pecah berantakan.  Seketika itu juga motor berhenti. Rupanya cermin 'sialan' itu  terbentur listplang genteng tetangga rumah Bahru. Bayangkan hanya tinggal 5 meter, cermin pecah berantakan..
Bahru tertawa keras, untung pakai helm jadi pecahan cermin tidak langsung menghamburi kepala. Sambil komentar, "Dick kalau mau mecahin mah dari tadi aja atuh di asrama". Saya masih termenung, rasa bersalah akhirnya hilang seiring dengan pecahnya cermin ajaib.. 
Quiz : Siapa Sang Penulis di cermin, dan kenapa menulis begitu?





Jakarta, 8 Juni 2018
By *Dicky Ahmad Gustyana*

No comments:

Post a Comment