Monday, July 2, 2018

KURSUS STIR MOBIL ALA 7G


Jaman kuliah akhir dulu 7G bersepakat paling nggak ada 2 hal yang mesti disiapkan, lamaran kerja dan lamaran pacar. Artinya persiapan memasuki tangga kehidupan yang lebih mandiri.
Urusan cari istri kita akan ceritakan selanjutnya, urusan cari kerja ada sedikit memory yang tak terlupakan. 7G sudah terbentuk di tahun awal kuliah dan secara takdir hampir bersamaan juga 7G mau lulus. Mungkin saya dengan Handian yang agak lebih betah di kampus dibanding yang lain.
Dulu kita mikirnya gini, kalau bisa jadi direktur ngapain jadi manager, kalau jadi manager ngapain pakai ngelamar jadi staf. Nah ngelamar jadi direktur dgn basis fresh graduate kan mimpi, jadi pekerjaan level manager yang kita sasar. Mobil operasional pasti menjadi bagian fasilitas seorang manager lah ....
Dari anggota 7G hanya saya, Handian dan Jos yang sdh biasa bawa mobil, tapi cuma saya yang kebetulan punya mobil sendiri jaman kuliah, itupun mobil pacar saya..
STAGE 1
Honda Civic putih sebagai alat kursus mobil plus beberapa materi pelajaran kursus sdh saya buat. Instruktur cuma saya, karena Handian dan Jos mundur. Celakanya calon muridnya betul-betul mengkawatirkan dalam motorik skill..
Dari 3 murid, Bahrudin layak disebut subo, kemudian Aris Jatnika tk86 dan terakhir Wandy. Ini yg agak genting, Wandy naik sepeda aja kayaknya ga bisa..
Kita selalu jalan malam, menghindar polisi dan kemacetan jalan. Mulai dari jalan lurus, jalan gang, sampai ke gunung sdh dijajal. Bahru punya tulang bagus istilah Kho Ping Ho, jadi ga susah ngajarinya. Cuman susah kalau disuruh beli bensin sama indomie..
Dalam stage 1 dikisahkan  hanya Bahru yang lulus, mengingat nepotisme juga  sih karena pacar saya ponakannya dia.. 
Aris harus remedial, karena setir mobil dianggap stang motor, jadi selalu mikirnya tuas gas mobil ada diposisi setir. Sampai digengam dengan gerakan maju mundur tu setir ala gas di stang motor, mobil nggak juga bergerak.. kalo di shooting pasti mirip2 pelem Kabayan.
Nggak lama Aris berhasil lulus, walaupun di ujian akhir di bukit daerah Cimahi sempet nyerempet Nenek nenek di pasar pada saat subuh yang bikin heboh se pasar. Bahkan Nenek tsb terpaksa dibawa ke puskesmas terdekat dan saya saat ini ambil posisi sebagai penanggung jawab. Selama 2 jam lebih di puskesmas dgn orang-orang pasar yg masih terlihat beringas. Hasil otopsi, si Nenek terkena TBC, jadi ga ada urusan sama keserempet mobil. Aris lulus dengan predikat mengkhawatirkan.
Tinggal Wandy, terpaksa dibuat sesion khusus. Training di asrama Bumi Ganesha tempat saya tinggal dulu. Disana ada area taman yang bisa dipakai untuk belajar maju mundur mobil.
Dengan penuh kesabaran saya membimbing Wandy, karena saya lihat Wandy sangat antusias untuk bisa mengendarai mobil.
Mobil maju mundur di lintasan sepanjang 15 m, dan dalam 7 menit pertama sangat mulus. Sebagai catatan mobil bertransmisi manual sehingga butuh skill khusus.
Di menit kedelapan loadspeaker asrama berbunyi..."Dicky ahmad.. unit A21 ada telepon dari cewek". Krn memang saat itu di asrama sedang pertandingan, penghuni yang paling banyak dapat call dari cewek dapat hadiah,  saya turun dr mobil ke ruang telpon. Saking asyiknya PHP dgn TTM, saya lupa dengan Wandy. 15 menit selanjutnya saya turun dan ternyata Wandy masih maju mundur dengan mobil, terharu saya. Luar biasa, selanjutnya saya kasih aba aba,"Wandy ...udah..udah cukup". Mobil dalam keadaan mundur, tapi Wandy lupa ngerem. Alhadil mobil nyeruduk tanah batas taman.. gubrakkk... 
Buat saya dengan skill kayak gini Wandy susah buat dilulusin, karena walaupun adiknya wandy cewek anak TK 89 saya selalu dilarang untuk ngecengin dia, jadi ya terpaksa tidak lulus...
STAGE 2
Anggota 7G kedatangan tamu, yaitu Wito. Wito ikut di group karena lagi ngecengin adiknya pacarnya Bahru..
Wito bawa mobil pick up putih, ya saya pikir sebagai sogokan mesti dipinjem mobilnya, buat ngajarin Wandy. Dengan perasaan berat hati Wito minjemin. Enaknya mobil Wito, bensin selalu penuh dan ada duit receh buat beli gorengan..
Kita pakai mobil pick up Wito untuk belajar, lokasi di area kompleks dosen Siliwangi. Mobil start, masuk gigi 1, jalan mulus, alhamdulillah murid saya Wandy makin menguasai, terharu lagi saya..
Kita putar-putar 1 block di perumahan dosen, 13 menit mulai bosan, saya bilang, "Wandy, kita ke jalan gede, ke Dago". "Oke sip",  jawab Wandy. Baru jalan 2 menit, ada pohon segede gaban disisi kiri mobil diserempet. "Waduh cilaka..!!!", saya terus marah. "Emang ga keliatan tu pohon?.. udah diem juga pohon masih diserempet", teriak saya. Dengan kalem dan tanpa dosa Wandy jawab, " Dick, saya kan baru belajar belok kanan, jadi pas belok kiri tu pohon disebelah kiri keserempet..".
Dengan terpaksa sampai dengan Stage 2 Wandy tetep kagak lulus.
Jakarta, 7 Juni 2018
By *Dicky Ahmad Gustyana*

No comments:

Post a Comment